Sabtu, 22 September 2012

BELAJAR ISYARAT BAYI

Belajar Bahasa Isyarat Bayi

Posted by Leoni Putri
 
Program bahasa isyarat bayi merupakan pembelajaran bahasa untuk mengenal kebutuhan atau keinginan sang bayi. Seperti kita ketahui bahwa bayi yang masih kecil belum bisa berbicara dengan kata-kata namun berekspresi melalui mimik wajah dengan merengek atau menangis. Hal ini seringkali membuat orang tua tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh bayi mereka. Tak jarang menimbulkan stres karena sepertinya kebutuhan bayi sudah dipenuhi namun tetap saja menangis. Kesalahpahaman dalam mengartikan keinginan bayi dapat dicegah dengan belajar melalui program bahasa isyarat bayi ini.
Salah satu cara pembelajaran adalah dengan membeli ebook bahasa isyarat bayi. Di dalam ebook tersebut tersedia puluhan bahasa isyarat yang dipraktekkan oleh model. Orang tua bisa mengajarkan bahasa isyarat ini kepada bayi. Misalnya ketika bayi ingin minum susu maka orang tua bisa mengajarkan dengan menggerakkan kepalan tangan ke mulut. Bayi akan mulai memahami dan dia akan melakukan bahasa tersebut ketika ingin minum susu. Hal ini membuat kebutuhan bayi terpenuhi, bayi merasa senang dan tidak menangis. Begitu pula ketika bayi ingin makan, ingin main maupun ingin tidur. Kebutuhan bayi dapat dikomunikasikan dengan lebih baik.
Belajar dengan ebook bahasa isyarat bayi terbilang mudah namun tetap butuh kesabaran dalam mengajarkannya kepada bayi Anda. Namun hal ini sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Bahasa isyarat yang diajarkan sejak bayi dapat mempercepat anak bicara. Hal ini karena sejak kecil bayi sudah mengerti tentang komunikasi yakni mengkomunikasikan kebutuhannya, sehingga ketika beranjak besar, bayi ingin segera bisa bicara untuk mengembangkan komunikasi tersebut.
Selain mempercepat anak bicara, perkembangan psikologis bayi juga akan lebih baik. Hal ini karena kebutuhan bayi dapat terpenuhi tanpa harus menangis dalam waktu yang lama. Bayi akan merasa senang dan dicintai. Pada perkembangannya akan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak tersebut. Selain itu, bayi yang telah belajar bahasa isyarat sejak kecil memiliki perkembangan otak dan bahasa yang lebih baik. Sebagai orang tua pun akan senang karena bayi senang dan semakin jarang mendengar tangis bayi.

Artikel Terkait